/Review Sony Xperia XZ Premium, Mantan Flagship yang Harganya 1,5 jutaan

Review Sony Xperia XZ Premium, Mantan Flagship yang Harganya 1,5 jutaan

Istilah flagship sering disematkan ke smartphone yang kemampuannya diatas rata-rata serta sangat memumpuni dan merata disetiap lini, baik dari segi dapur pacu, layar, kamera, design dll. Salah satu yang menjadi patokannya adalah harga. Biasanya harga dari sebuah hape flagship sekitar 9 jutaan lebih. Semua hal tersebut ada pada Sony Xperia XZ Premium.

Sony Xperia XZ premium di release ke publik pada bulan juni 2017. Yang membuat smartphone ini beda dari yang lain adalah teknologi layar pada jamannya. Layar yang diusung menggunakan resolusi 4K (2,160 x 3,840px) dan dilengkapi dengan Gorilla Glass 5. Hal ini sangat terlihat ketika sedang memutar video yang beresolusi HD bahkan sampai 4K. Gambar yang dihasikan oleh layar Trilumino’s Display ini sangat bagus dan nyata. Selain itu detail dari suatu objek yang sangat kecil pun dapat terlihat jelas.

Hasil perekaman video dari Sony Xperia XZ Premium ini cukup baik ketika dikondisi yang cukup atau banyak cahaya. Sedangkan pada kondisi lowlight, video yang dihasilkan agak gelap dan tidak terlalu bagus. Namun, hasil perekaman video dari smartphone ini sangatlah stabil. Untuk video normal, bisa diatur hingga resolusi 4K pada framerate 30fps, dan Full HD untuk 60 fps. Sementara untuk video slow-motion hanya bisa diambil dengan resolusi HD 720p dengan framerate 960 fps. Maka bisa dibilang bahwa Xperia XZ Premium merupakan raja-nya kamera slow-motion pada jamannya.

Dari segi foto, Xperia XZ premium memiliki kelebihan yaitu autofokus yang cepat dan pintar. Walaupun tanpa embel-embel AI, kamera smartphone ini juga bisa mengetahui mode apa yang tepat untuk objek yang sedang dibidik. Untuk Mode Macro, Landscape, hingga Moving Object dapat dideteksi secara otomatis. Untuk hasil kameranya di kondisi cukup cahaya sangatlah detail, terlihat sekali kelasnya di mana. Untuk dikondisi lowlights juga agak bagus tetapi masih banyak noise yang muncul walaupun hasil kameranya tidak sebaik dikelasnya.

Untuk dapur pacu, smartphone ini dilengkapi dengan Snapdragon 835 dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB bertipe UFS. Performa smartphone ini juga cukup kencang sehingga dapat dijadikan sebagai ponsel untuk dailydriver. Soal kemampuan processor untuk gaming, Snapdragon 835 tidak perlu diragukan lagi. Game- game seperti PUBM, COD Mobile hingga Mobile Legends lancar jaya ketika dimainkan di smartphone ini dengan grafik medium-high. Sementara untuk pengelolaan panas sudah jauh lebih baik daripada generasi Xperia yang dahulu.

Soal desain, memang selera orang berbeda- beda. Namun pada Xperia XZ Premium, penggunaan kata “Premium” ini sangatlah tepat. Body dari smartphone ini juga terlihat sangat mewah dan sudah dilengkapi dengan gorilla glass 5. Kamu bahkan dapat bercermin dengan menggunakan smartphone tersebut. Walaupun design yang sangat wahh, body dari smartphone ini sangat mudah kotor dan meninggalkan jejak fingerprint. Selain itu hal yang patut disayangkan dari segi desain ponsel ini adalah bezel yang tebal di semua sisi.

Kesimpulan

Smartphone ini sangat recomended sekali bagi kamu yang menginginkan smartphone untuk daily driver, bisa untuk bermain game yang berat atau sekedar mabar dengan teman anda dengan harga 1,5 jutaan saja.
Apakah kamu tertarik membeli smartphone ini????