/Review Galaxy M12, Smartphone Rp 1 Jutaan yang Kuat Seharian

Review Galaxy M12, Smartphone Rp 1 Jutaan yang Kuat Seharian

Memasuki Tahun 2021, Samsung merilis banyak smartphone dari kelas entry hingga menengah yang dibanderol mulai dari harga 1 jutaan hingga 4 jutaan. Pilihan yang bervariasi ini membuat samsung benar-benar serius dalam menyasar pasar gadget untuk seluruh kalangan.

Awal Bulan Mei lalu, Samsung meluncurkan penerus Galaxy M Series di Indonesia. Sedikit info, yang menjadi andalan dari Galaxy M Series ini adalah konfigurasi kamera serta baterai jumbonya, namun memiliki harga terjangkau. Apalagi kalau bukan Samsung Galaxy M12. Kehadiran Galaxy M12 ini dapat menjadi alternatif baru smartphone yang memiliki kinerja oke dengan harga Rp1 jutaan.

Tidak seperti smartphone Samsung di kelas entry level lainnya, Galaxy M12 ini memiliki beberapa fitur yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh seri mid-range dan flagship. Sekarang fitur tersebut bisa dirasakan oleh semua kalangan lewat perangkat ini. Namun, tentunya hal tersebut tidak lepas dari beberapa kekurangan yang harus masuk ke dalam pertimbangan. Apa saja keunggulan dan kekurangan Samsung Galaxy M12? Berikut ini review lengkapnya.

Desain
Galaxy M12 memiliki dimensi 164 x 75.9 x 9.7 mm dengan bobot 212 gram. Dimensi tersebut membuat bodinya terasa cukup tebal dan sedikit berat. Walaupun memiliki body yang hampir sama seperti Galaxy A12, namun Galaxy M12 punya permukaan bodi yang sedikit berbeda. Pada back cover terdapat tekstur lengkung vertikal dengan finishing metalik sehingga ketika digenggam tidak terasa licin sekaligus membuat permukaannya tidak mudah membekas sidik jari. Selain itu, tekstur tersebut membuat desain smartphone ini terlihat berbeda.
Varian warna dari Samsung Galaxy M12 juga menarik. Tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu black, light blue, dan green. Untuk warna hitam jika terkena sinar dapat terlihat sedikit kebiruan. Pada bagian belakang, terdapat modul kamera yang dibuat tidak terlalu menonjol dari permukaan bodi sehingga tetap aman meski tanpa menggunakan case. Sementara pada bagian depan terdapat kamera selfie yang letaknya di atas layar. Samsung menyebut desain kamera selfie tersebut dengan Infinity-V Display

Layar
Baralih ke spesifikasi layar, Samsung Galaxy M12 dibekali dengan panel PLS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 X 1.600 piksel). Layarnya yang lapang memberi kepuasan mata ketika memandang. Kualitas tampilan gambar dan kontras pada layar Galaxy M12 tergolong baik. Ketika digunakan di bawah sinar Matahari, tampilan layarnya masih terlihat jelas. Reproduksi warnanya juga cukup bagus, tidak bisa dibilang pucat namun juga tidak se-vibrant smartphone lain dengan layar IPS.
Memang bukan yang terbaik di kelasnya, namun setidaknya panel layar ini sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz. Pengguna bisa merasakan transisi scroll yang lebih smooth dari pendahulunya. Tak hanya itu, refresh rate-nya pun dibuat adaptive agar dapat menyesuaikan dengan konten yang sedang ditampilkan sehingga konsumsi baterai jadi lebih hemat.

Kamera
Meski lengkap secara hardware, namun Samsung Galaxy M12 tidak lengkap secara fitur. Perangkat ini dibekali dengan empat kamera belakang dengan sensor utama 48MP (f/1.8) yang mendukung fitur pixel-binning 4-in-1. Fitur ini dapat hasilkan output 12MP yang berkualitas. Hasil foto dari sensor utamanya juga cukup oke di kelasnya. Tanpa bantuan AI, tone warna yang dihasilkan cukup nyata dan natural walaupun terkadang terlihat agak pucat. Meski mendukung PDAF, auto fokusnya bukan yang terbaik dikelasnya
Lalu ada sensor ultra wide-angle 5MP (f/2.2, FoV 123°) yang hasilkan foto kurang detail. Hal tersebut terbilang wajar karena besaran megapiksel yang dipakai pada perangkat ini. Sementara dua sensor lainnya untuk depth sensor 2MP (f/2.4), dan macro 2MP (f/2.4). Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi kamera selfie beresolusi 8MP (f/2.2).
Kemampuan kamera Galaxy M12 cukup baik dikelasnya terutama ketika kondisi outdoor di siang hari. Warna yang dihasilkan juga cukup natural. Detailnya bagus dan dynamic range-nya sangat baik. Meski begitu, tidak adanya night mode membuat potret dikondisi kurang cahaya terlihat kurang terang.
Untuk perekaman video, Samsung Galaxy M12 mendukung resolusi maksimum 1080p dengan framerate 30fps baik di sensor utama maupun ultra wide-angle. Meskipun begitu, perangkat ini belum dilengkapi EIS sehingga hasil perekaman jadi kurang stabil.

Baterai
Samsung Galaxy M12 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, dengan dukungan Fast Charging 15W. Dengan fast charging, perangkat dapat diisi daya hingga 50% dalam satu jam pertama dan 2 jam 30 menit untuk benar-benar penuh. Samsung mengklaim bahwa baterai tersebut mampu dipakai streaming film dan video call selama 19 jam.
Dengan kapasitas baterai yang besar, durasi penggunaan Galaxy M12 ini tergolong cukup lama setelah diisi penuh. Samsung mengklaim bahwa smartphone ini dapat bertahan hingga 3 hari mendengarkan musik terus menerus. Saat digunakan seharian untuk pemakaian standar, daya baterainya juga masih tersisa 18%.

Fitur
Meskipun Samsung Galaxy M12 ini tidak ada konektivitas NFC, namun fitur dari smartphone ini masih lengkap dengan adanya Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, audio jack 3.5mm dan port USB Type-C yang mendukung fast charging. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan fingerprint menyatu dengan tombol power dan audio dengan teknologi Dolby Atmos.
Selain itu, Samsung Galaxy M12 juga sudah menjalankan sistem operasi berbasis Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1. Tampilan khas Samsung yang terlihat sederhana namun kaya akan fitur. Mulai dari Game Launcher, Dual Messenger, plus one-handed mode. Ada juga opsi lain untuk turunkan bar notifikasi hanya dengan swipe sensor sidik jari. Performa sensor sidik jarinya cepat dan akurat, tak perlu ditekan untuk buka kunci layar. One UI terbaru ini juga tak terlalu memaksakan penggunanya untuk gunakan Bixby, asisten suara milik Samsung.

Spesifikasi
Untuk sektor dapur pacu, Samsung Galaxy M12 dibekali chipset Exynos 850 dengan fabrikasi 8nm yang terdiri dari CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dengan GPU Mali-G52. Perangkat ini tersedia dengan dua pilihan RAM dan penyimpanan, yaitu 3/32 GB dan 4/64 GB. Bila dirasa kurang, memori penyimpanan dapat ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

Performa
Bicara soal performa, Samsung Galaxy M12 terbilang memiliki score yang bagus untuk smartphone di kelasnya. Berikut ini hasil dari pengujian benchmark dari berbagai aplikasi

Uji Benchmark Score
Antutu 126624
PCMark 5084
Geekbench Single Core 178
Geekbench Multicore 865

Harga
Untuk banderol harganya, Samsung Galaxy M12 varian 3 GB/32 GB dijual dengan harga Rp 1.899.000. Sedangkan varian 4 GB/64 GB dijual dengan harga Rp 2.099.000.