/Rekomendasi 7 Konsol Handheld Terbaik untuk Main Game

Rekomendasi 7 Konsol Handheld Terbaik untuk Main Game

Bermain game di konsol merupakan salah satu opsi terbaik untuk menghabiskan waktu ketika sedang di rumah. Selain itu bermain game juga bisa sebagai penghilang rasa jenuh. Salah satu jenis konsol yang paling populer hingga saat ini adalah handheld . Platform ini menawarkan alternatif yang lebih ringkas dari konsol rumahan dan memiliki portabilitas tinggi sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Konsol handheld umumnya juga memiliki jenis game yang berbeda dari konsol rumahan biasa, mengingat spesifikasi yang tentunya terbatas.

Saat ini terdapat banyak sekali konsol handheld yang bisa kamu pilih untuk bermain game. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Apa saja handheld terbaik untuk bermain game tersebut? Jika kamu tertarik, berikut ini 7 rekomendasi konsol handheld untuk kamu main game!

1. Nintendo Switch

Nintendo Switch merupakan sebuah konsol game yang mengusung konsep hybrid. Konsep ini memungkinkan kamu dapat bermain game secara portable atau menggunakan tv. Memiliki berat 325 gram, konsol ini dibekali dengan chipset Nvidia Tegra. Kekuatan hardwarenya sendiri diperkirakan mencapai 1 Teraflops dengan tambahan RAM 4GB. Dibekali baterai berkapasitas 4.310 mAH, kamu dapat memainkannya dengan waktu berkisar antara dua setengah jam hingga enam jam.

Selain itu, konsol ini juga dilengkapi dengan layar yang sudah berkemampuan multi-touch kapasitif sehingga kamu bisa memainkannya langsung hanya dengan menekan layar. Dengan spesifikasi tersebut maka konsol ini cukup untuk menjalankan berbagai game yang ada. Selain itu masih banyak game-game baru yang akan rilis di konsol ini. Harga Nintendo Switch cukup bervariasi mulai dari Rp 4 jutaan hingga 7 jutaan.

2. PlayStation Vita (PCH 1000)

PlayStation Vita merupakan salah satu konsol handheld terhebat dari Sony yang memiliki grafik hampir setara dengan PlayStation 3. Memiliki dimensi 182.0 x 18.6 x 83.5 mm, konsol ini didukung dengan prosesor ARM® Cortex™- A9 core (quad-core/4 core) dan GPU SGX543MP4 yang membuat konsol ini cukup bertenaga. Terbukti dengan game-game triple A yang dirilis di PS Vita seperti Fifa, Final Fantasi hingga God of War yang bisa kamu mainkan dengan grafik yang luar biasa bagus bahkan hingga sekarang. PS Vita juga didukung dengan layar touch screen sebesar 5 inci dengan kamera depan dan kamera belakang. Tak hanya itu, layarnya juga sudah dilengkapi dengan 16 million colors dan OLED Multi touch screen dengan rasio 16:9. Pada bagian sound, kamu mendapatkan fitur Built-in stereo speakers hingga Built-in microphone.

Beberapa fitur lain yang bisa kamu dapatkan seperti GPS, WiFi location service support, Bluetooth, mobile network connectivity (3G), Infrastructure mode, rear touchpad, dan masih banyak lagi. Dilengkapi pula dengan sensor 6-axis motion sensing system serta 3-axis electronic compass. Harga PlayStation Vita sendiri dibanderol mulai dari 1,9 jutaan, tergantung dari kapasitas memori.

Dikarenakan penjualan game yang kurang baik, PS Vita jadi tidak bisa memiliki katalog game sebaik nintendo switch di mana banyak developer besar seperti Ubisoft, EA, dan Activision yang merilis sedikit game di konsol ini. Selain itu, penjualan kartu memori PS Vita juga memperburuk penjualan konsol ini Meskipun begitu, PS Vita masih jadi salah satu konsol handheld yang layak untuk dimiliki, terutama kemampuannya untuk memainkan game Playstation 3 bahkan PlayStation 4 via Remote Play

3. Nintendo Switch Lite

Sesuai namanya, Nintendo Switch Lite merupakan varian ergonomis sekaligus ekonomis dari Nintendo Switch. Switch Lite menawarkan ukuran yang lebih compact dan harga yang lebih murah yakni sekitar Rp 2,7 juta. Hebatnya, meski lebih terjangkau, spesifikasi mesin yang dimiliki oleh Switch Lite, sama dengan Switch biasa sehingga game yang dimainkan di nintendo switch juga dapat dimainkan di switch lite.

Namun guna memangkas harganya, Nintendo mengurangi beberapa fitur yang ada di Switch Lite. Fitur yang dikurangi seperti ukuran layar lebih kecil yang hanya 5,5 inci, tidak adanya dukungan dock yang memungkinkan untuk dimainkan di layar yang lebih besar dan Joy-Con yang tidak dapat dilepas.

4. New Nintendo 3DS XL

New Nintendo 3DS XL merupakan penerus dari Nintendo DS dan penyempurnaan dari Nintendo 3DS XL. Memiliki berat 329 gram, konsol ini didukung dengan GPU 804 MHz ARM11 MPCore quad-core dan CPU 4x VFPv2 Co-Processor. Selain itu, New Nintendo 3DS XL memiliki 1 GB internal storage, 256MB FCRAM, dan 10MB VRAM. Tidak hanya itu, tersedia juga slot microSD sebagai storage tambahan sebesar 4 GB dan masih bisa diupgrade lagi.

Memiliki dua layar, layar utama konsol ini berukuran 4.88 inci beresolusi 800 x 240, sedangkan layar kedua berukuran 4.18 inci dengan resolusi 320×240 sebagai layar sentuhnya. Tidak seperti Nintendo DS, New Nintendo 3DS XL ini dapat memainkan game secara 3D karena memiliki layar stereoscopic 3D

Konsol ini juga dilengkapi dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1.400 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, daya tahan baterai dapat bertahan 3,5 hingga 7 jam. Selain itu, konsol ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lainnya seperti kamera utama sebesar 0,3 MP dengan resolusi mencapai 640×480 piksel. Kemudian tersedia juga WiFi, adanya sensor gyroscope, headphone, stereo speaker hingga NFC Support. Harga New Nintendo 3DS XL ini berkisar mulai dari 1,9 jutaan.

5. Playstation Portable 3000

Sedikit sejarah tentang PlayStation Portable, konsol ini merupakan konsol handheld yang dirilis oleh Sony pada akhir tahun 2004. Selain sebagai konsol game, PlayStation Portable juga merupakan perangkat yang dapat menampilkan foto digital, memutar film, dan musik. Konsol ini didukung dengan media penyimpanan berupa Universal Media Disc sehingga lebih modern kartrid ROM konvensional

PSP 3000 atau PSP Brite merupakan konsol penyempurna dari PSP seri 2000 yang dirilis Oktober 2008. Sama seperti seri pendahulunya, seri 3000 juga mendukung Memory Stick (Duo dan Pro Duo), jaringan LAN Nirkabel, baterai yang dapat diisi ulang, layar LCD lebar, stik analog, Microphone built-in, dan jaringan wifi yang mendukung konektivitas konsol ini dengan Playstation 3, konsol PSP lain serta Internet.

Selain itu, seri 3000 juga mendapat improvment pada bagian layar. Tidak seperti seri pendahulunya, layar seri ini jadi lebih terang, tajam, dan kontras dalam menampilkan warna. Layar diseri ini juga sudah bukan reflektif screen sehingga ketika dimainkan di luar ruangan tidak memantulkan cahaya dan gambar yang ditampilkan masih tetap telihat.

6. Nintendo 2DS XL

New Nintendo 2DS XL merupakan konsol handheld penerus dari Nintendo 3DS. Memiliki berat sekitar 261 gram saja, konsol ini memiliki spesifikasi layar dan mesin yang mirip dengan New nintendo 3DS XL. Perbedaan konsol ini dengan New Nintendo 3DS XL adalah tidak adanya layar stereoscopic 3D sehingga konsol ini tidak mendukung 3D Support pada game yang membuat harganya lebih terjangkau.

Konsol ini dilengkapi dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1.300 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, daya tahan baterai dapat bertahan 3,5 hingga 7 jam. Tak hanya itu, kamu juga sudah mendapatkan fitur lainnya seperti speaker stereo, kamera depan belakang, port headphone, hingga WiFi. Harga New Nintendo 2DS XL dibanderol mulai dari 1 jutaan.

7. GPD XD Plus

Sekilas GPD XD Plus memang nampak seperti Nintendo 3DS XL dengan desain clamshell namun hanya memiliki satu layar saja. Selain itu konsol ini juga dibekali dengan port charging , dua analog stick, dan empat buah tombol tambahan pada bagian atas.

GPD XD Plus ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Android 7.0 dan ditenagai oleh chipset MediaTek MT8176. Sehingga konsol ini dapat menjalankan berbagai macam game emulator seperti SNES, GBA dan PSP.

Itulah beberapa jenis konsol handheld terbaik yang bisa kamu pilih. Apakah kamu mempunyai salah satu konsol di atas? atau kamu berencana untuk membelinya? Pastinya, beberapa konsol handheld tersebut sangat cocok menemani keseharian kamu selama menghabiskan waktu di rumah.