/Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli PSP Bekas

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli PSP Bekas

PlayStation Portable atau disingkat PSP merupakan konsol handheld besutan Sony yang nyatanya masih seru untuk dimainkan hingga saat ini. Karena bentuknya yang handheld sehingga PSP mudah dibawa ke mana-mana dan bisa dimainkan di mana saja. PSP ini punya banyak model dengan fitur yang sebenarnya tidak jauh berbeda.

Jika kamu kangen dengan konsol yang satu ini dan ingin membeli PSP entah hanya sekedar koleksi atau untuk bernostalgia, saat ini merupakan keputusan yang tepat. Hal ini dikarenakan harga dari PSP yang sudah tidak terlalu mahal. Tetapi karena konsol ini sudah lama tidak diproduksi lagi sehingga kebanyakan PSP yang beredar di pasaran merupakan barang second atau refurbish. Jadi kamu wajib perhatikan 5 hal berikut sebelum membelinya. Dijamin, kamu bisa mendapatkan barang yang tepat sesuai keinginan.

1. Cari Tahu Seri PSP yang Ingin kamu Beli

Sudah 1 dekade lebih lamanya PlayStation Portable dirilis oleh Sony. Seiring berjalannya waktu, terciptalah beberapa seri untuk konsol handheld satu ini, yaitu:

  • PSP-1000: merupakan seri pertama dari PlayStation Portable. Konsol ini dirilis pertama kali di Jepang pada Desember 2004. Dikenal juga sebagai perangkat multimedia, konsol ini tidak cuma bisa untuk bermain game tetapi juga bisa memutar gambar, musik, bahkan film dalam bentuk Universal Media Discs atau UMD. Selain itu, PSP-1000 juga terdapat fitur WiFi sehingga memungkinkan pengguna untuk berselancar di dunia maya dan bermain game secara online.
  • PSP-2000: Seri kedua dari PlayStation Portable ini diluncurkan pada September 2007. Sering disebut sebagai PSP Slim, konsol ini punya bodi yang lebih tipis dan lebih ringan dari seri 1000. Meski memiliki spesifikasi hampir sama dengan seri 1000, konsol ini memiliki layar yang lebih responsif dan kapasitas RAM yang lebih besar yaitu 64 GB. Selain itu konsol ini juga memiliki video output sehingga dapat disambungkan ke TV.
  • PSP-3000: Pada Oktober 2008, Sony merilis seri ketiga dari PlayStation Portable. PSP-3000 atau sering disebut PSP Brite ini selain punya spesifikasi yang mirip dengan seri 2000, konsol ini juga mendapat improvement pada bagian layar. Layar dari konsol ini jadi lebih terang, lebih tajam serta lebih kontras bila dibandingkan dengan seri pendahulunya. Selain itu, konsol ini juga tersemat fitur lain seperti built-in-microphone.
  • PSP Go: merupakan seri ke-empat dari PlayStation Portable, konsol ini dirilis pada Oktober 2009. Memiliki bentuk yang berbeda dengan seri lainnya, perangkat ini punya internal memori sebesar 16GB yang bisa di-upgrade hingga 32GB. Karena ukurannya yang lebih kecil dan lebih compact, layar konsol ini hanya berukuran 3,8 inci. Selain itu PSP Go juga merupakan PSP pertama yang punya konektivitas Bluetooth.
  • PSP-E1000: Konsol yang diriis pada Oktober 2011 merupakan seri kelima dari PlayStation Portable. Bernama lain PSP Street, konsol ini merupakan PSP dengan harga yang paling murah. Karena harga yang lebih murah dari seri pendahulunya, maka beberapa fitur juga dihilangkan mulai dari wifi hingga speaker yang cuma ada satu (mono)

2. Cek Kondisi PSP Bekas

Jaman sekarang banyak sekali PlayStation Portable rekondisi sehingga wujudnya terlihat lebih mulus seperti baru namun dalamnya tidak. Alangkah lebih baik jika kamu mengecek kondisi PSP bekas secara langsung sebelum membelinya. Soalnya kita tidak akan pernah tahu apakah PSP yang dibeli masih bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu karena ketidaktahuan kita sebagai customer yang mengira kondisi barang masih mulus sehingga penjual bisa mematok harga yang mahal. Jadi kamu harus benar-benar jeli sebelum membeli barang bekas.

3. Cek Kondisi Baterai

Cek kondisi baterai secara langsung atau konfirmasi ke penjual, apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak Cek juga apakah daya baterai dapat dicharge atau tidak. Selain itu daya tahan baterai juga menjadi faktor lain yang patut dipertimbangkan. Rasanya kurang puas jika main game hanya 1-2 jam. Kamu butuh waktu berjam-jam untuk tenggelam dalam keseruan game yang sedang dimainkan.
Oleh karena itu, pilihlah PSP yang daya tahan baterainya masih terjaga. Idealnya, PSP bisa dimainkan hingga 3-5 jam lamanya. Setelah itu, kamu harus mengisi ulang daya baterainya.

4. Cek Kelengkapan PSP Bekas

Ketika hendak membeli PlayStation Portable, pastikan kamu mendapatkan kelengkapannya seperti dus, baterai, adapter charger, kabel data, dan juga perangkat pendukung lainnya. Selain itu cek juga fungsi dari kelengkapan tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak

5. Tanyakan Soal Firmware yang Dipakai

Firmware merupakan sistem operasi yang dipakai pada Playstation Portable. Tanyakan pada penjual, apakah firmware yang ter-install itu OFW (original firmware) atau CFW (Custom firmware). Pastikan sistem operasi yang ter-instal, entah itu OFW atau CFW adalah versi terbaru. Jika sistem operasi menggunakan OFW maka pastikan versi yang digunakan adalah versi terbaru 6.61. Pastikan juga bahwa custom firmware yang kamu gunakan adalah versi permanen.

6. Request Game yang Ingin Kamu Instal

Jika PlayStation Portable yang ingin kamu beli menggunakan Custom Firmware, pastikan minta ke penjual untuk sekalian diisi game. Supaya ketika PSP sudah sampai di tangan, kamu tidak perlu repot-repot untuk mendownload game dan hanya tinggal main game saja sepuasnya.