/Pilih Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite???

Pilih Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite???

Nintendo Switch merupakan konsol keluaran Nintendo yang dikenalkan pertama kali ke publik pada tahun 2017. Dengan mengusung konsep hybrid, Nintendo menggebrak pasar konsol dunia yang beberapa tahun terakhir dikuasai oleh Playstation dan X-box. Konsep hybrid ini memang sangat revolusioner. Kamu dapat bermain Nintendo Switch di depan TV seperti konsol-konsol yang lain atau kamu dapat bermain switch secara handheld.

Nyatanya dengan gimmick tersebut, Nintendo sukses membuat konsol ini menjadi konsol yang disukai para gamer di seluruh dunia khususnya fans dari Nintendo. Terbukti dengan harga pasaran dari Nintendo Switch yang cenderung stabil. Bahkan ketika pandemi pun, harga Nintendo Switch sempat melambung tinggi. Meskipun rumor mengatakan bahwa tahun 2021 akan ada Nintendo Switch Pro namun tidak membuat harga dari Nintendo Switch mengalami penurunan yang drastis

Nintendo Switch memiliki dua varian yakni Nintendo Switch Reguler dan Switch Lite. Kedua konsol game ini punya perbedaan yang cukup jauh mulai dari ukuran, fitur dan spesifikasi hingga harga yang ditawarkan. Namun sama-sama bisa memainkan game yang sama. Game yang dapat dimainkan di Switch Lite, pasti dapat berjalan di versi reguler.
Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut ini:

1. Ukuran
Nintendo Switch Reguler memiliki layar 6,2 inci beresolusi 720p sedangkan Switch Lite hanya 5,5 inci beresolusi 720p juga. Hal ini membuat kerapatan layar Switch Lite lebih baik sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dibandingkan versi reguler
Selain itu karena kontroler yang menyatu dengan body, Nintendo Switch Lite memiliki berat hanya 277 gram. Sedangkan berat dari Switch Reguler mencapai 398 gram (beserta dengan Joy-con). Meski keduanya dirancang sebagai konsol handheld, namun Nintendo Switch Lite lebih nyaman digunakan secara mobile. Ukurannya yang lebih kecil, lebih ringkas, dan lebih ringan, namun memiliki performa gaming yang sama

2. Fitur
Fitur yang diunggulkan dari Nintendo Switch Reguler adalah dapat dihubungan ke layar yang lebih besar. Caranya hanya dengan pasang Nintendo Switch ke dock yang sudah terhubung dengan TV atau monitor. Dengan dimasukkan ke dock maka Nintendo Switch Reguler punya port USB type-A yang dapat terhubung ke aksesori lain seperti pro-controller. Sedangkan Nintendo Switch Lite tidak punya kemampuan untuk dimainkan ke TV dan hanya bisa di mainkan secara handheld.
Fitur lain dari versi reguler adalah kick stand yang memudahkan para gamer bermain game dengan menaruh konsol ini di meja.

3. Joy-con
Sedikit penjelasan mengenai Joy-con, Joy-con merupakan kontroler yang digunakan pada konsol Nintendo Switch. Pada Nintendo Switch Reguler, kedua Joy-con dapat dilepas dan kamu dapat memberikan Joy-con satunya ke teman untuk main game bersama di satu layar. Sedangkan Nintendo Switch Lite tidak memiliki Joy-con yang dapat dilepas sehingga kamu tidak bisa main multiplayer di satu konsol game.
Selain itu jika Joy-con Nintendo Switch Reguler mengalami kerusakan seperti Joy-con drift, maka hanya perlu membeli Joy-con seharga 500 ribu hingga 1 juta. Sedangkan untuk Switch Lite apabila terjadi analog drift, maka konsol harus dibongkar yang membuat Switch Lite menjadi tidak ori pabrik lagi.

4. Baterai
Nintendo Switch Reguler memiliki baterai 4.310 mAh. Switch Reguler mempunyai dua generasi yaitu generasi pertama dengan model number HAC-001 dan generasi kedua dengan model number HAC-001(-01). Untuk generasi pertama, masa pakai baterai 2,5-6,5 jam, sedangkan generasi kedua masa pakai baterai 4,5-9 jam. Nintendo Switch Reguler generasi kedua memang mendapat perbaikan dari segi efisiensi daya sehingga lebih irit daya.
Sedangkan Nintendo Switch Lite punya baterai 3.570 mAh yang bisa dimainkan 3-7 jam. Masa pakai baterai ini tergantung dari game apa yang kamu mainkan.

5. Aksesori
Aksesori Nintendo Switch Lite lebih terbatas. Aksesori yang tersedia hanya bisa disematkan pada konsol game ini. Mulai dari case protector, screen protector, hingga earphone.
Sedangkan aksesori untuk Nintendo Switch reguler lebih banyak varian dan opsi, mulai dari controller hingga aksesori untuk dock seperti dock protector. Selain itu dengan adanya port USB type-A di Dock, USB LAN adapter dapat disambungkan sebagai jaringan kabel, bahkan hingga kipas pendingin.

6. Harga
Harga Nintendo Switch Reguler baru sekitar 4,5-5 jutaan. Sedangkan harga Switch Lite berkisar 2,9-3 jutaan. Harga dari Switch Reguler lebih mahal merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena fitur yang ditawarkan Switch Reguler lebih banyak dibandingkan dengan Switch Lite.

Kesimpulan
Jika lebih suka main di layar lebar seperti TV atau monitor dan suka bermain game secara multiplayer di satu layar yang sama maka Nintendo Switch Reguler adalah jawabannya. Namun jika kamu lebih suka bermain game sendiri atau suka main game secara mobile maka Nintendo Switch Lite lebih cocok.
Jadi pilih yang mana, Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite???