/Keunggulan PS Vita Dibandingkan Handheld Lain

Keunggulan PS Vita Dibandingkan Handheld Lain

Melihat kesuksesan Playstation Portabel (PSP) yang berhasil terjual lebih dari 80 Juta Unit di seluruh dunia, Sony Computer Entertainment membuat langkah dengan mengembangkan konsol handheld sebagai penerus kesuksesan dari PSP apalagi kalau bukan Playstation Vita. Playstation Vita merupakan konsol handheld keluaran Sony yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2011. Pada saat itu, PS vita dikenalkan pertama kalinya ke publik ketika event Electronic Entertainment Expo (E3) yang diadakan di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Setelah PS Vita dirilis dan dipasarkan ke seluruh dunia, Sony mendukung PS Vita dengan memberikan permainan gratis untuk semua pelanggan PlayStation Plus dan pembaruan sistem secara regular. Tujuannya agar jumlah pemain dapat bertambah sehingga dapat mendongkrak penjualan PS Vita. Akan tetapi sampai masa produksinya dihentikan, dua hal tersebut juga tidak bisa membangkitkan gairah para pemainnya. Dikarenakan popularitas serta penjualan yang tidak mampu menyamai pendahulunya, maka pada tahun 2019 produksi PS Vita dihentikan. Diperkirakan PS Vita yang terjual diseluruh dunia hanya mencapai 16 Juta unit lebih.

Meskipun PS Vita dicap sebagai konsol yang gagal dalam segi penjualan, namun para player akan setuju bahwa PS Vita menawarkan pengalaman bermain video game yang berbeda sehingga tidak memberikan rasa bosan ketika memainkan konsol handheld ini. Playstation Vita juga mampu membobol pasar dengan cara yang beda dan inovatif. Walaupun penjualannya tidak begitu bagus, PS Vita mempunyai Keunggulan yang bahkan tidak dimiliki konsol handheld lain:

1. Touchscreen
PS Vita merupakan konsol handheld pertama yang menggunakan touchscreen tanpa perlu menggunakan touchpen. Pengoperasiannya hanya dengan disentuh menggunakan jari sama seperti smartphone. Hal ini sangat memudahkan pengguna PS Vita dalam memilih menu atau game.

2. Layar OLED (Hanya Versi Fat)
OLED adalah singkatan dari Organic Light Emiting Diode. Layar OLED merupakan layar panel yang memiliki kandungan elemen-elemen organik dan mampu memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Dengan kata lain layar OLED tidak memerlukan sinar latar yang dipakai untuk menampilkan gambar pada layar sehingga dapat menghasilkan level warna hitam yang lebih pekat dan dalam.

3. Rear Touchpad
Rear Touchpad pada PS Vita digunakan sebagai controller tambahan ketika memainkan beberapa game di PS Vita seperti Uncharted, Fifa 15 sehingga menawarkan pengalaman yang berbeda dalam memainkan sebuah game.

4. Motion Sensor
Sama halnya dengan rear touchpad, motion sensor juga berfungsi sebagai controller tambahan ketika bermain game PS Vita. Caranya mudah yakni dengan menggoyangkan atau memiringkan PS Vita ke kanan- kiri. Salah satu game yang dapat menggunakan fitur ini yaitu rayman legends

5. Game
Library game di PS Vita yang mencapai ribuan membuat player tidak akan bosan memainkan konsol handheld yang satu ini.

6. Remote play
PS Vita dapat berfungsi sebagai pengganti controller dan layar TV untuk PS3 maupun PS4. Dengan menggunakan fitur remote play, kamu dapat memainkan game PS3 dan PS4 dimanapun selama masih terhubung dalam Wi-Fi yang sama.

7. Playstation Vita TV
Jika kamu tidak suka konsol yang dapat dibawa kemana-mana dan lebih suka mamainkannya di depan tv, maka Playstation Vita Tv merupakan solusinya.

8. Henkaku
Henkaku adalah meng-hack atau jailbrake software (firmware) pada ps vita sehingga dapat menjalankan homebrew atau aplikasi buatan. Keuntungan menggunakan PS Vita henkaku yaitu dapat mendownload dan memainkan semua game PS Vita secara gratis tanpa perlu membelinya di Playstation Store. Kamu juga dapat memainkan game PSX, SNES (Super Nintendo Entertainment System) maupun SEGA. Selain itu masih banyak lagi keuntungan yang kamu dapatkan jika PS Vita mu menggunakan henkaku.